Jumaat, 7 Disember 2012

INFO TAMBAHAN TENTANG TABIAT MAKAN HAIWAN LAIN.

INFO TAMBAHAN  TENTANG TABIAT MAKAN HAIWAN LAIN.

 
Buaya

Buaya adalah haiwan reptilia yang hidup di dalam air. Ibu buaya adalah lebih ganas daripada buaya yang lain. Induk buaya betina rata-rata menyimpan telur-telurnya dengan dibenamkan pada tanah atau di bawah seresah daun. Dan, induk tersebut menunggu dari jarak sekitar 2 meter dari dalam air. Di musim bertelur buaya amat buas menjaga telurnya. Di Malaysia dan Indonesia ada 3 jenis buaya yang terkenal:

  1. Buaya muara
  2. Buaya air tawar Irian
  3. Buaya sepit

Makanan utama buaya adalah haiwan-haiwan bertulang belakang seperti  ikan, reptilian dan mamalia, kadang-kadang juga memangsa udang dan sotong bergantung pada spesiesnya.
 
 
 
 
Orang Utan
 
Meskipun orang utan termasuk haiwan omnivore atau haiwan yang makan tumbuhan dan haiwan lain, sebahagian besar dari mereka hanya memakan tumbuhan. 90% dari makanannya berupa buah-buahan.Makanannya antara lain adalah kulit pohon, dedaunan, bunga, beberapa jenis serangga, dan sekitar 300 jenis buah-buahan.
Selain itu mereka juga memakan nektar,madu dan kulat. Mereka juga gemar makan durian, walaupun aromanya tajam, tetapi mereka menyukainya.
Orangutan bahkan tidak perlu meninggalkan pohon mereka jika ingin minum. Mereka biasanya meminum air yang telah terkumpul di lubang-lubang di antara cabang pohon.
Biasanya induk orangutan mengajarkan bagaimana cara mendapatkan makanan, bagaimana cara mendapatkan minuman, dan berbagai jenis pohon pada musim yang berbeda-beda. Melalui ini, dapat terlihat bahwa orangutan ternyata memiliki peta lokasi hutan yang kompleks di otak mereka, sehingga mereka tidak bersusah payah saat mencari makanan.Dan anaknya juga dapat mengetahui beragam jenis pohon dan tanaman, yang mana yang bisa dimakan dan bagaimana cara memproses makanan yang terlindungi oleh cangkerang dan duri yang tajam.


 
 


Tiada ulasan: